Antisipasi Naiknya Harga Jelang Ramadhan, Bupati Budiman Pimpin Rapat HLM

Lutim,warta.luwutimurkab.go.id- Untuk memperkuat koordinasi dan sinergitas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Luwu Timur dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok, bahan bakar dan situasi keamanan & ketertiban menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Lebaran 1444 H/2023 M, maka Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setdakab menggelar kegiatan High Level Meeting (HLM) di Aula Rumah Jabatan Bupati, Selasa (20/03/2023).

High Level Meeting yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman ini juga dihadiri oleh Pabung TNI, CBH Bachtiar, Sekretaris PN Malili, Leman, Kasi Pidum Kejari Lutim, Sahwal, Kasat Intel Polres Lutim, M. Aswan, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Para Asisten, Staf Ahli, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang terdiri dari para Kepala OPD terkait, Badan Statistik, para Camat, Perwakilan direksi perbankan, PLN, PDAM, Pertamina dan distributor pangan Luwu Timur.

Bupati menyampaikan bahwa, seperti yang terjadi dari tahun ke tahun, menjelang puasa dan Lebaran biasanya diikuti dengan naiknya permintaan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok.

Rapat HLM ini, kata Budiman, dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang Ramadhan sampai dengan Idul Fitri dengan kerja sama lintas sektoral melalui kebijakan yang berkaitan dengan keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, komunikasi efektif dan ketersediaan pasokan.

“Datangnya Hari Besar Keagamaan berdampak pada peningkatan permintaan masyarakat terhadap beberapa komoditas bahan pokok. Olehnya itu, kami selaku pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan pihak terkait guna menekan inflasi kenaikan harga. Salah satunya adalah dengan mengadakan Pasar Murah Ramadhan bersama Koperindag yang akan dilaksanakan saat Safari Ramadhan di 11 kecamatan,” tutur Bupati.

Bupati Budiman juga mengharapkan peran serta aktif para pelaku usaha dan stakeholders Luwu Timur dalam agenda saling berbagi melalui Community Social Responsibility (CSR) sebagai representasi memuliakan bulan suci Ramadhan yang penuh keberkahan.

“Terkait dengan kebutuhan bahan pangan menjelang Ramadhan di Luwu Timur, Alhamdulillah sebagian besar pasokan masih dalam tahap aman kecuali kebutuhan daging ayam ras dikarenakan kita masih terkendala keterbatasan pasokan dan kami akan segera menyiapkan solusi kedepannya,”imbuhnya.

Untuk kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM), lanjutnya, berdasarkan penyampaian dari pihak Pertamina Sorowako bahwasanya ketersediaan BBM subsidi akan diusahakan terpenuhi. Namun dikhawatirkan jumlah kendaraan menjelang lebaran nanti akan membludak disebabkan meningkatnya jumlah pemudik dari luar daerah dan sebaliknya, olehnya itu, akan diusahakan penambahan pasokan BBM dari pihak suplier.

Sementara dari sektor Dinas pemerintah daerah, Perbankan, PLN, PDAM, Pertamina, UMKM, Organda dan pengusaha mini market diminta oleh Bupati Budiman agar tetap memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat selama kegiatan ibadah puasa Ramadhan berjalan.

Melalui HLM menjelang Ramadhan tahun 1444 H/2023 M ini juga bersama jajaran Forkopimda melalui Polres, TNI, Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Luwu Timur telah bersepakat untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban terutama dalam pengendalian Inflasi daerah serta menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan khusyu dalam melaksanakan ibadah puasa hingga tiba di hari kemenangan Idul Fitri nanti. (ul/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)