Bupati Bersama Ketua TP PKK Lutim Hadiri Syukuran Pesta Panen di Kecamatan Burau

Lutim,warta.luwutimurkab.go.id- Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty menghadiri Syukuran Pesta Panen di Desa Kalatiri, Kecamatan Burau. Pesta panen ini mengusung tema “Wujudkan Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta Dengan Meningkatkan Nilai-Nilai Ibadah”, Jum’at (16/06/2023). 

Selain Bupati, turut hadir Kepala Badan Pertahanan Nasional Lutim, Anggota DPRD, Para Kepala OPD, Camat Burau, Akbar Bahar beserta Unsur Tripika, Kepala Desa, Para UPTD, Ketua BPD se-Kecamatan Burau, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati H. Budiman menyampaikan selama dua tahun terakhir pemerintah Lutim telah menyediakan bantuan khusus yaitu 1 miliar 1 desa yang tujuannya adalah untuk pembangunan mengembangkan desa yang ada di Kabupaten Lutim.

“Ini adalah kebijakan dari pemerintah daerah, sehingga pemerintah desa mengupayakan rumah ibadah dan jalan tidak gelap. Insya allah desa Kalatiri kedepan akan jauh lebih baik,” kata Budiman.

Lebih lanjut Budiman mengatakan, pemerintah daerah akan tetap konsisten mendukung upaya pengembangan sektor pertanian, karena narasi yang dibangun ada 80% masyarakat Lutim bergerak disektor pertanian.

“Di desa Kalatiri ini hampir 100% orang bergerak disektor pertanian dan saya berharap bahwa sektor ini bertumbuh terus walaupun ekonomi turun sekitar 5%,” jelas Bupati Lutim.

Menurut Budiman, pesta panen ini bukan hanya sekedar ritual semata, tetapi merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas padi yang melimpah.

“Alhamdulillah kita patut bersyukut atas rezeki yang diturunkan oleh Allah SWT kepada kita dengan melimpahnya hasil panen yang di miliki desa ini,” ucapnya.

Oleh karena itu, Budiman berharap pesta panen ini harus terus dilestarikan karena mengandung nilai adat dan religius yang diwariskan turun temurun.

“Tetap menjaga persatuan, silaturahmi dan saling menghormati agar harmonisasi antara pemerintah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik,” harap Bupati Lutim.

Pada kesempatan ini, Bupati Budiman juga menyerahkan secara simbolis sertifikat prona sekaligus meresmikan pabrik driyer dan lumbung padi bantuan gapoktan serta meninjau bendungan dan irigasi Desa Kalatiri. (dew/ikp-humas/kominfo-sp)